Archive for the 'Food & Beverages' Category

21
Oct
08

Wisata Kuliner di Bandung

Bandung selain menjadi “surga” belanja, juga tempat yang asik banget untuk berwisata kuliner. Waaah, mau tau dimana aja tempat yang wajib banget kamu datengin saat di Bandung? Ini dia liputan langsung dari pengalaman pribadi aku menjelajah per-kuliner-an di Bandung.

·         Sate Padang

Sate Padang ini terletak di depan UNPAD DU, buka dari jam 5 sore, harga satu porsinya 12ribu. Rasanya enak, dagingnya tebal dan kuahnya kental. Selain itu, di warung tenda ini terdapat juga es buah yang maknyus jika diminum sehabis makan.

·         Nasi Gila Boromeus

Nasi gila boromeus ini terletak di dekat Boromeus, harganya berkisar antara 8-10 ribu rupiah. Rasanya unik dan mantap, ada juga nasi goreng yang nggak kalah dasyat!

·         Iga Bakar Pak Jangkung, Cipaganti

Lokasinya ada di Cipaganti, dekat masjid Cipaganti. Rasanya enaaaaak bangeeeeettt!!! Satu porsinya 15ribu. Tempatnya nyaman, dan cocok untuk pecinta kuliner rumahan.

·         Takoyaki

Takoyaki paling dasyat di Bandung itu ada di Papaya, Japanese Supermarket yang ada di Parijs Van Java. Harganya 15 ribu, disuguhkan dengan tempat makan plastik. Satu porsi terdapat 5 buah takoyaki yang berbumbu lezat! Coba deh, pasti ketagihan!

·         Sate Kambing Muda M. Haris

Sate Kambing Muda M.Harris, terletak di jalan asia afrika (dekat kantor telkoms*l bandung, dekat lea jeans something) atau agak dekat dengan simpang lima (sunda,karapitan,ahmad yani,gatsu,asia afrika), harga seporsi sekitar 10 – 20 ribu (lupa).

·         Bakso Jalan Sabang

Jalan Sabang, Cihapit bandung.
Dekat toko M&M The Nice Shop, jalan Sabang nomor 11

Porsi Baso Campur: mie, bihun, toge, sayur, baso kecil, baso besar dan batagor. Rp7.000/porsi.
Dari dulu tempat duduknya hanya bangku-bangku plastik, tanpa meja.
Tempat parkir cukup luas.

·         Ayam Taliwang

Lokasinya ada di deket-deket Cisangkuy gitu, tapi spesifiknya nggak tau. Harga satu porsi ayam taliwang 25 ribu. Menu makanan ini wajib banget dicoba kalau kamu di Bandung, rasa pedesnya nendaaaang banget!! Aku sampe nangis lho, hehe.

·         Niagara

Lokasinya di Setiabudi, sebelum STMB Telkom (dari arah lampu merah Setiabudhi). Warung ini menyajikan masakan seafood yang relative terjangkau, berkisar antara 3-20ribu. Murah kaan? Selain murah,rasanya pun mantap! Highly recommended banget deh!

Sebenernya masih banyak lagi tempat-tempat yang oke untuk berwisata kuliner, tapi aku rasa cukup kok, semua tempat-tempat diatas patut banget dicoba. Ayoo buruan!

20
Oct
08

Takoyaki Nyuuuummmiiie!!

Takoyaki itu makanan favoritku!! Rasanya gurih, enak banget, apalagi kalau dimakan anget-anget, wuiiih, mantap!!

Tapi, apa kamu tahu apa itu takoyaki? Takoyaki itu makanan khas Jepang yang berbentuk bulat yang terbuat dari adonan tepung cair yang dicampur dengan aneka isi, seperti Tako atau Gurita, keju, sayur, dan masih banyak lainnya.Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan.

Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.

 

Pada mulanya, takoyaki dijual dengan menggunakan tusukan bambu dengan isi 3 buah per tusuk. Di sekitar tahun 2000 masih bisa dijumpai sebuah kios yang menjual takoyaki dengan tusukan bambu di Prefektur Aichi, tapi sekarang sudah tutup dengan alasan usia lanjut penjualnya.Harga takoyaki bisa berbeda-beda bergantung wilayah dan kios yang menjual. Satu set berisi 5-8 buah takoyaki biasa dihargai antara 200 yen hingga 400 yen. Di daerah Kansai, harga bisa menjadi lebih murah akibat persaingan ketat di antara penjual.

Di kota Osaka, kios penjual takoyaki bisa dengan mudah dijumpai di mana-mana. Penjual dengan kios yang agak luas kadangkala menyediakan ruangan khusus untuk makan takoyaki, tapi takoyaki sering dinikmati secara santai sambil berdiri, berjongkok atau dimakan sambil berjalan. Pembeli bisa menonton penjual yang sedang membolak-balik takoyaki agar bulat seperti bola sambil menunggu pesanannya jadi. Takoyaki sebaiknya dinikmati di tempat dalam keadaan panas-panas, walaupun pembeli sering meminta dibungkus untuk dibawa pulang.

Takoyaki merupakan jajanan populer yang dijual kios pasar kaget (yatai) sewaktu hatsumode (kunjungan pertama ke kuil di awal tahun baru) dan berbagai matsuri. Toko makanan ringan tradisional (dagashiya) yang merupakan tempat jajan anak sekolah sering menjual takoyaki dengan harga yang lebih murah.Kios takoyaki bisa dijumpai di toko swalayan di kota-kota besar di Jepang. Di toko swalayan bisa dijumpai takoyaki sebagai makanan beku yang tinggal dipanaskan dengan oven microwave.

Nah, kalau di Indonesia sendiri, takoyaki sudah mulai bermunculan dimana-mana lho. Khususnya di swalayan Jepang, seperti Papaya. Ada juga counter yang menjual khusus jajanan takoyaki seperti yang terdapat di berbagai tempat di Bandung (Depan D’Loops). Kalau aku sendiri, paling suka makan takoyaki yang dijajankan di Papaya, Mal Parijs Van Java (PVJ). Enaaaaaaaaaaaak bangeeeeeeeeeett!! Kamu harus coba! Hehe.

20
Oct
08

Warung Mak Uneh yang Mak Nyuuuusss!!

Satu lagi jajanan yang menjual makanan khas Sunda, Warung Mak Uneh. Rasanya enaaaaak banget! Kalau kata Pak Bondan sih “Mak Nyuuuusss!!”. Mak Uneh ini menjual makanan yang “rumahan” banget, kalau kamu lagi pengen banget makan makanan rumah, coba deh ke Mak Uneh.

Almarhumah Mak Uneh memulai usahanya di sebuah gang sempit di seputaran Jalan Pajajaran. Kini sudah generasi ketiga dan keempat yang mengelola usaha tersebut. Generasi ketiga mengelola warung asli di Gang Terasana. Gang ini persis berada di samping rumah sakit bersalin. Patokannya, setelah Stadion Pajajaran ambillah lajur paling kiri. Persis sebelum rumah sakit bersalin ada gang, dan di dalam gang itulah warung Mak Uneh berada.

Mobil pengunjung warung biasanya diparkir di sepanjang gang ini, juga di pinggir Jalan Pajajaran. Dari sana calon pembeli harus berjalan kaki masuk ke gang yang lebih kecil lagi. Warung ada di sisi kiri gang yang makin menyempit. Begitu masuk warung ini kesannya memang seperti warung biasa. Namun jumlah kursi yang disediakan tak seperti warung. Meja kursi tersedia hingga ke dalam.

Kamu harus menukar selembar uang Rp 10.000 untuk semangkuk kecil haremis. Pepes nasi ikan asin pantas dicoba. Dengan Rp 10.000 kita bisa menelusuri cita rasa pepes nasi berisi sepotong kecil jambal roti, petai, dan telur ayam kampung rebus ini. Telur ayam kampung dibelah jadi dua. Tak ada rasa amis.

Nasinya aja sudah terasa gurih akibat dicampur semua lauk tadi. Buat yang suka ayam, di sini juga dijual ayam kampung goreng. Tentu aja cita rasa ayam kampungnya tak perlu diragukan lagi.

Gurame goreng di sini cukup untuk makan bertiga. Gurame itu sudah dipotong di bagian kepala dan ekor hingga tersisi bagian tengah atau daging aja. Selain gurih dan renyah, sepotong gurame yang dipatok Rp 50.000 itu berdaging sangat tebal. Secuil daging gurame dicocol sambal mangga atau sambal dadak baru masukkan ke dalam mulut, biarkan saraf-saraf di dalam mulut yang menilai.

Kalau kamu nggak tahan melihat udang goreng berukuran cukup besar, coba aja! Tak ada ruginya. Meski seporsi berisi tiga udang goreng dibanderol Rp 60.000, tapi soal rasa jangan ditanya. Plus sambal mangga sebagai temannya, rasanya sepadan. Ulukuteuk leunca, sate bandeng juga siap dinikmati.

Ulukuteuk leunca adalah leunca yang dimasak dengan cabai dan oncom. Leunca bulat kecil yang terasa pahit bergabung dengan oncom yang berasa pedas menyajikan rasa khas Sunda yang sebenar-benarnya. Warung Mak Uneh di Jalan Pajajaran ini buka Sabtu sampai Kamis, dan tutup pada hari Jumat. Sejak pukul 07.00 warung ini sudah menyediakan sarapan warga Bandung, dan akan berakhir pukul 16.00.

Sementara itu restoran Mak Uneh di Jalan Setiabudi (seberang NHI) buka setiap hari mulai pukul 11.00- sampai sekitar pukul 19.00. Resto ini dikelola generasi keempat Mak Uneh.

Penasaran gimana rasa masakannya? Ayo buruan ke Mak Uneh, dijamin mantap! Hehe.




July 2017
M T W T F S S
« Jun    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Pleasestopthetime