25
Oct
08

Perusahaan Paling Kreatif: The Body Shop!

Wah, ternyata tugas ini belum aku publish dan tersimpan rapi dalam draft, maaf ya bapak Nggermanto.

Perusahaan Paling Kreatif Versi Astarina Maulida adalah The Body Shop!

Pasti saat kamu ke Mall, kamu sering melihat sebuah toko kecil berwarna hijau dengan papan nama The Body Shop  bukan?  Sepintas ini seperti gerai produk kecantikan biasa: berisi kosmetik, alat perawatan tubuh, dan sebagainya, dengan harga yang juga tidak tergolong murah. Namun, menariknya perusahaan ini adalah slogannya yang sangat ramah lingkungan. Waaaaaaw!

Produsen produk kecantikan yang didirikan oleh Dame Anita Roddick 30 tahun yang lalu di Brighton, Inggris ini menganut asas pelestarian lingkungan dengan slogan-slongannya ”Against Animal Testing”, ”Protect Our Planet”, “Support Community Trade”, “Activate Self Esteem”, dan “Defend Human Rights”. Tidak sekedar berbentuk slogan, The Body Shop juga melakukan perubahan dalam dunia bisnis dengan perlahan tapi pasti. Berikut beberapa produk The Body Shop:

Banyak orang – bahkan wanita-wanita pelanggaan The Body Shop – yang tidak tahu kandungan bahan yang digunakan The Body Shop dan program-program kampanyenya. Dalam peracikan produk-produknya, The Body Shop menggunakan bahan-bahan yang 100% alami, berupa sari buah, bunga, dan tanaman-tanaman lainnya. Oleh karena itu, tidak menimbulkan alergi dan cocok untuk segala jenis kulit, bahkan di kulit anak kecil. Untuk mendapatkan bahan-bahan dasar itu pun The Body Shop tetap menggunakan asas kepedulian. The Body Shop mempekerjakan petani-petani lokal dari daerah-daerah terpencil untuk menyediakan bahan-bahan dasar yang dibutuhkan, seperti dari Namibia, sehingga pendapatan mereka bertambah, begitu pula kesejahteraan mereka.

Tidak berhenti sampai di situ, The Body Shop juga berusaha membalas budi terhadap bumi. The Body Shop tidak pernah menggunakan kantong plastik, dan menggunakan alternatif kantong belanja dari kertas daur ulang, bahkan baru-baru ini mengembangkan proses daur ulang dengan menggunakan kantong belanja dengan bahan dasar tepung singkong, wow! Botol-botol plastik yang digunakan juga tidak seperti botol-botol kebanyakan. Botol-botol yang digunakan mengandung 30% PET atau plastik daur ulang sehingga dalam setahun The Body Shop dapat menghemat 70 ton bijih plastik murni.

The Body Shop juga menerapkan progran ”Bring Back Our Bottle” dengan cara menyedikan dump bin di setiap gerainya sehingga pelanggan dapat mengembalikan botol-botol The Body Shop yang sudah tidak terpakai lagi. Dalam setiap pengembalian botol, The Body Shop memberikan hadiah-hadiah kecil kepada pelanggan, seperti tea light candle. Menurut saya, The Body Shop adalah inspirasi menuju perbaikan. Ini terbukti dari salah satu prinsipnya, yaitu “No Styrofoam”. Tidak ada styrofoam yang diperbolehkan memasuki kantor The Body Shop. Ini membuat karyawan-karyawannya mulai berpikir dan membuat beberapa restoran di sekitar gedung kantornya merubah kemasan makanannya menjadi kardus agar bisa mengantarkan delivery ke kantor ini. Sekarang, sudah berapa banyakkah restoran yang mengganti kemasannya dari styrofoam menjadi kardus? Semua ini membuat kita berpikir, bahwa perbaikan yang besar dapat dimulai dari hal-hal yang kecil.

Kreatifitas body shop yang sebearnya simpel telah memberikan banyak perubahan yang sangat berarti bagi dunia, sekarang mengerti kan kenapa aku merasa perusahaan ini adalah perusahaan yang paling kreatif menurutku? Pastinya donk.. Hehe.


0 Responses to “Perusahaan Paling Kreatif: The Body Shop!”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Pleasestopthetime

More Photos

%d bloggers like this: