20
Oct
08

Khasiat Teh Tarik

Baru-baru ini aku jalan-jalan ke PVJ sama pacarku, Baskoro hehe. Rencananya sih kita mau nonton Eagle Eye, tapi nggak jadi karena ternyata filmnya belum ditayangin, sedihnyaa. Jadinya aku nonton film Meet Dave. Nah, setelah beli tiket untuk nonton, aku muter-muter PVJ, dan ke Gramedia buat beli komik dan beberapa majalah. Truus, sambil nunggu pemutaran film di Blitz, aku ke Café di bawah tangga (lupa namanya). Baskoro mesen teh tarik, yaitu teh yang dicampur susu.

Teh tarik yang disuguhkan di Café itu memadukan teh pahit yang dicampur susu kental manis. Penasaran gimana rasanya, aku coba deh. Rasanya pahit-pahit maniis, dan cukup menyenangkan (membuat perasaan tenang).

Hmm, makin penasaran dengan teh tarik ini, aku coba-coba browsing di internet, dan ternyataaaaaaaaaaaa, khasiat teh yang dicampur susu itu nggak ada lhoo!!!!! Ternyata, kandungan susu dalam teh akan menghambat khasiat yang dimiliki oleh teh itu sendiri!!  

Penelitian menunjukkan bahwa teh meningkatkan aliran darah dan kemampuan arteri untuk rileks, namun penelitian di Rumah Sakit Charite di Universitas Berlin menemukan bahwa susu mengurangi dampak perlindungan terhadap penyakit jantung. Mereka menemukan bahwa protein yang disebut kasein dalam susu dapat menurunkan jumlah komponen dalam teh yang dikenal sebagai ‘catehins’, yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap serangan jantung. Mereka percaya penemuan itu, yang dilaporkan dalam Jurnal Jantung Eropa, dapat menjelaskan mengapa negara seperti Inggris, dimana teh secara rutin dikonsumsi, tidak menunjukkan penurunan resiko serangan jantung dan stroke dari kebiasaan minum tehnya.

Penelitian itu membandingkan dampak kesehatan dari minum air dan meminum teh tanpa susu pada 16 wanita sehat. Dengan menggunakan ‘ultrasound’, mereka mengukur fungsi dari arteri di lengan bawah, sebelum dan dua jam setelah minum teh. Teh hitam signifikan dalam meningkatkan aliran darah dibandingkan dengan minum air, namun penambahan susu mengurangi dampak dari teh.

“Kami menemukan bahwa, sekalipun minum teh signifikan meningkatkan kemampuan arteri untuk rileks dan meningkatkan aliran darah dibandingkan dengan minum air, penambahan susu secara total mencegah manfaat biologi,” kata Dr Mario Lopez, seorang ahli biologi molekuler dan salah seorang peneliti dalam penelitian itu. Tes terhadap tikus memberikan hasil yang serupa. Ketika tikus diberi teh hitam yang melancarkan alirah pembuluh darah. Namun penambahan susu menghentikan manfaat itu.

Waduuh, sekarang kamu tahu kan dampak pemberian susu pada teh? Boleh aja sih diminum, tapi sayang kan minum teh tapi nggak dapet khasiatnya? So, lebih baik minum teh yang tanpa susu, sehat dan berkhasiat lebih daripada teh tarik lho. Ayoooo!!


1 Response to “Khasiat Teh Tarik”


  1. 1 abram sianipar
    August 22, 2010 at 10:01 pm

    hmm… nice one! jdi tw seluk beluk teh tarik! hahaha!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Pleasestopthetime

More Photos

%d bloggers like this: