Archive for September, 2008

26
Sep
08

Mengapa Kreatifitas itu Penting?

Di sebuah tempat perbelanjaan:

Caca            :“Co, lo bawa apaan tuh?”

Coco            :“Hehe, ini? Ini hp baru gw, fiturnya keren deh, bisa touch screen, internet, 3G, sama dengerin lagu juga”

Caca            :“Woow, keren banget ya teknologi jaman sekarang. Padahal baru gw beli hp terbaru 1 bulan yang lalu, udah ada yang lebih canggih aja. Gile beneeeer”

Hal ini telah menjadi topik perbincangan yang biasa kita dengar sehari-hari. Pada era yang serba cepat ini, perkembangan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Teknologi yang terbaru yang diluncurkan hari ini mungkin dapat dibalap oleh produk lain dengan teknologi yang lebih canggih hanya dalam waktu 1 bulan, bahkan mungkin dapat dihitung dengan hitungan jam.

Aku akan mengambil salah satu contoh kemajuan teknologi dari hal yang paling sederhana, yaitu pensil.

Dulunya, manusia yang paling pertama di dunia menulis dengan batu lho. Buktinya adalah ukiran-ukiran indah yang terdapat di dinding-dinding gua yang sudah ada sejak jaman batu. Kemudian jaman berkembang, sehingga terciptalah pensil kayu yang berevolusi menjadi pensil berujung penghapus, dan berevolusi lagi menjadi pensil mekanik yang sangat efisien.

Selain dari contoh pensil diatas, aku juga akan mengambil contoh dari peristiwa penting dalam sejarah, yaitu revolusi industri. Jika tidak ada pemikiran kreatif oleh James Watt untuk membuat mesin uap, tidak akan ada pergerakan industri yang memacu pertumbuhan ekonomi menjadi kompleks dan terjadi perkembangan teknologi di bidang lain. Pentingnya kreatifitas dalam kehidupan manusia merupakan sesuatu yang menjadi kunci bagi manusia untuk bertahan hidup. Jika manusia tidak berpikir kreatif, dia tidak akan bisa menjalani hidup yang dinamis.

Semua contoh diatas merupakan buah dari pemikiran yang kreatif yang mulanya hanyalah mimpi belaka, yang oleh penciptanya kemudian diwujudkan dengan usaha yang sangat keras sehingga dapat terwujud dan dapat dinikmati sampai saat ini. Kreatifitas adalah nafas bagi sebuah perubahan. Jika tidak ada kreatifitas, tidak akan ada perubahan, tidak akan ada dinamika hidup yang berputar bahkan tidak ada keseimbangan hidup.

 Pada hakikatnya, manusia terlahir didasari oleh proses berpikir dan menjalani hidup dengan berpikir pula. Berpikir merupakan sesuatu yang disadari atau tidak merupakan kegiatan yang melekat dengan eksistensi kita di dunia. Karena itu, pemikiran yang cemerlang atau kreatifitas merupakan kunci keberhasilan manusia yang berpikir lebih daripada orang lain. Jadi, berpikir kreatif sangatlah penting demi kemajuan diri sendiri, orang lain, dan juga dunia.

Oleh karena itu, mulailah berpikir kreatif dengan bermimpi, dimana mimpi itu akan berubah menjadi pemikiran dan kemudian dilanjutkan dengan perbuatan untuk meraih mimpi tersebut. Ayo smangat!

Advertisements
26
Sep
08

Siapa Orang Paling Kreatif di Dunia?

Coba kalo kamu ditanya dengan pertanyaan ini? Menurut kamu, jawaban apa yang akan kamu berikan? Ada yang menjawab Madonna, ada yang menjawab Bill Gates, ada juga yang menjawab dirinya sendiri.

Well, aku pikir, kreatif adalah sesuatu yang abstrak, tidak dapat diukur kadarnya. Sama halnya jika kita menilai keindahaan, tidak aka nada satupun di dunia ini yang dapat menilai keindahan dengan takaran yang sama.

Kreatifitas adalah sesuatu yang bergerak, bebas, dinamis.  Menurutku, kreatifitas tidak terbatas pada manusia. Pantaslah jika aku menganggap bahwa semua makhluk hidup di dunia ini adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling kreatif. Karena Tuhan menciptakan semua makhluknya dengan sempurna, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Tuhan telah menciptakan semua makhluknya dengan kreatifitasnya sendiri-sendiri, bahkan makluk hidup terkecil di dunia, plankton. Plankton dapat berkreatif dengan tidak sengaja dengan membentuk suatu awal rantai makanan yang sangat berguna bagi semua makhluk hidup lainnya.

Atau, coba kita liat kreatifitas yang dimiliki oleh semut. Mereka berjalan dengan koloninya, saling bahu membahu mengangkat makanan untuk cadangan makanan selama seminggu kedepan, menggabungkan kreatifitasnya agar makanannya dapat dengan cepat sampai ke tempat penyimpanan makanan tanpa terebut oleh makhluk hidup lainnya. Tanpa mereka sadari, mereka telah menghasilkan sesuatu, yaitu mereka telah membersihkan kotoran makanan yang tanpa sengaja dijatuhkan oleh makhluk hidup lainnya yang bernama manusia.

 

Kreatifitas itu adalah menciptakan sesuatu yang memiliki sebuah nilai tambah. Tidak ada batasan untuk menyadari bahwa kita telah berkreatif bukan? Beruntunglah manusia dengan kelengkapan fungsi otak yang telah Tuhan berikan, hingga manusia dapat menyadari bahwa mereka telah berkreatif.

Jadi teman, siapakah yang orang paling kreatif di dunia? Tentu kita sudah tahu jawabannya, tidak ada batasan untuk manusia, tetapi semua makhluk hidup yang telah Tuhan ciptakan ke dunia adalah yang paling kreatif. Tetapi akan lain ceritanya jika ditanya, Siapakah yang paling kreatif? Tentu dengan tanpa keraguan, akan aku jawab, Tuhanku Yang Maha Pencipta dan Maha Semesta Alam, Allah SWT.




September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Pleasestopthetime