25
Oct
08

Belajar dengan Kreatif

Belajar dengan Sentuhan Kreatif

Belajar menurutku kegiatan yang menyenangkan, aku bisa mempelajari hal yang tidak kuketahui sebelumnya, bisa memperoleh wawasan baru, dan pemikiran baru tentunya.

Namuuun, belajar kadang membosankan. Ngantuk, dosen/guru yang monoton, suasana kelas yang kurang kondusif, pelajaran yang njelimet, dan berbagai alas an lainnya yang membuat mood belajar berkurang. Naaah, disini aku akan share gimana cara belajarku yang semoga aja bisa jadi inspirasi kalian.

·         Pada saat kuliah/penjelasan materi

Pada saat penjelasan materi, aku belajar dengan menggambar! Nah, menggambar disini bukan berarti kamu nggak dengerin penjelasan dosen atau guru yang menjelaskan pelajaran lhoo! Menggambar disini adalah kamu menggambar karakter yang menonjol dari pelajaran tersebut. Contohnya, ketika guru menerangkan mengenai karakter pembeli dalam sebuah pasar, kamu bisa aja menggambar orang yang sedang belanja, ada yang pelit, ada yang royal. Hal ini bisa merangsang otak kamu untuk berpikir kreatif, dan otak kamu akan mengingat lebih tajam.

Mau tau coretan-coretanku pada saat pelajaran? Ini diaa..

Coretan diatas adalah catatan kuliah Organizational Behavior and learning Organization dan Managing Employee Performance. Seru kaaaan, coba deh cara ini!

·         Pas mau ujian

Pada saat ujian, pasti kita stress banget donk. Banyak banget bahan-bahan kuliah dan berbagai hal yang makin bikin ujian jadi ribet. Caraku untuk men-simpel-kan cara belajar adalah dengan menulis ulang poin yang penting. Tulis semua bahan kuliah hanya di dalam 1 kertas, tulisannya kamu irit-irit, pokoknya semua bab harus muat dalam 1 kertas. Kenapa 1 kertas? Karena otak kamu akan lebih menangkap tulisan yang ada di dalam ruang yang spesifik. Dan kenapa juga harus ditulis ulang ya? Karenaaa, itu adalah termasuk metode belajar yang puaaaling top! Otak kamu akan merekam ulang pelajaran, dan selagi kamu menulis di kertas, tanpa kamu sadar kamu juga belajar lho.

Ini contohnya, aku menulis ulang catatan pelajaran Corporate Finance:

Dua cara diatas udah aku terapkan semenjak aku masih SD, aku diajari cara ini sama papaku lho, Insya Allah sukses deh. Sampai detik ini juga mantap kok hasilnya, hehe. Naaah, udah tau kan gimana cara belajar yang kreatif? Semoga aja bisa jadi inspirasi buat kamu dalam belajar yaaaaaaaapp!!

About these ads

1 Response to “Belajar dengan Kreatif”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: